Senin, 10 September 2012

INTERNET & BROWSING


BAB III
PENGENALAN PENELUSURAN WEB (WEB BROWSER)

Dewasa ini internet bukan merupakan sesuatu yang  aneh di masyarakat, karena penggunakan internet sebagai media komunikasi massa sudah hampir kita temui dimana-mana.

Untuk dapat menjelajahi internet tersebut diperlukan sebuah software yaitu yang disebut web browser. Beberapa software web browser  yang sering digunakan diantaranya :

1.    Internet Explorer
2.    Netscape Navigator
3.    Mozilla
4.    Opera

Gambar 25. Tampilan Internet Explorer

3.3       Menjalankan dan Mengenal Area Kerja Internet Explorer


3.3.1   Menjalankan Internet Explorer
Internet Explorer adalah salah satu software web browser yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Untuk menjalankan Internet Explorer tidak berbeda dengan software lain.
Adapun langkah-langkah mengaktifkan atau memanggil Internet Explorer adalah :
1.   Klik Start, pilih Program , Pilih Internet Explorer


Gambar 26. Menjalankan Internet Explorer

3.3.2   Area Kerja Internet Explorer

Seperti kebanyakan program aplikasi Windows, area kerja Internet Explorer juga memiliki hampir semua komponen “window” yang sama hanya tentunya ada perbedaan menu dan toolbar-nya.



 














Gambar 27. Area Kerja Internet Explorer
Keterangan gambar :
1.  Title Window, adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama program Internet Explorer.
2.  Menu, adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk pengoperasian Internet Explorer.
3.  Standard Buttons, adalah baris yang berisi tombol-tombol standar pengoperasian Internet Explorer.
4.  Address Bar, adalah baris yang terdapat kotak teks untuk tempat mengisi teks alamat internet yang ingin dikunjungi.
Di ujung kanannya terdapat tombol Go, untuk mulai memproses permintaan alamat internet.
5.  Links, adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya, yang dapat ditambah atau dikurangi.
6.  Workspace, adalah area kerja atau isi dari alamat internet yang tampil atau sedang diproses berdasarkan permintaan.
7.  Status Bar, adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam Workspace.


3.4       Memahami Alamat Internet dan Hyperlink


3.4.1   Alamat Internet

Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian :
1.    Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).
2.    Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)
3.    Nama organisasi yang mengatur situs.
4.    Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)

Contoh alamat internet http://www.dikmenjur.net/ yang berarti:

http:
Web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
www
Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web.
dikmenjur
Web server ini berada di Dikmenjur yang mengatur situsnya.
net
Ini biasanya adalah institusi yang bergerak dalam jaringan (Network)

Ketika anda mengetikan alamat internet  contohnya seperti http://www.dikmenjur.net/  kedalam Address Bar dan klik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi itu akan muncul dalam Workspace. Informasi yang muncul itulah yang sering kita sebut situs web (website).


3.4.2   Hyperlink

Di dalam situs web biasanya anda akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Inilah yang disebut hyperlink atau link.

Jika bagian ini diklik, anda akan dibawa ke halaman web lainnya. Kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya, pointer itu berubah menjadi pointing finger.
 
























Gambar 28. Alamat Internet dan Hyperlink
 










3.5       Memahami Cookies dan Pengelolaannya


3.5.1   Apa itu Cookies ?

Cookies adalah file teks yang diciptakan oleh situs internet untuk menyimpan informasi di komputer anda, informasi itu seperti preferensi ketika anda mengunjungi situs tersebut.

Satu contoh ketika anda mengunjungi situs web jasa penerbangan dan menanyakan jadwal penerbangan, situs itu bisa saja membuat Cookie yang mengandung informasi perjalanan anda atau hanya sekedar menyimpan rekaman halaman apa saja pernah anda lihat dalam situs itu.

Cookies juga bisa saja menyimpan informasi diri anda seperti nama, alamat e-mail, alamat rumah atau kantor, nomor telepon yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi atau mengontak anda. Ini hanya bisa terjadi apabila anda memberikan informasi tersebut di dalam sebuah situs web.

3.5.2   Mengendalikan Cookies

Cookies dapat dikendalikan dalam Internet Explorer dikarenakan  hal ini berkaitan dengan privasi pengguna internet. Caranya :

1.    Di Internet Explorer, klik menu Tools lalu pilih Internet Options.
2.    Pada tab Privacy, gerakkan slider keatas atau kebawah untuk meningkatkan level privasi atau merendahkannya.











 

















Anda bisa mengubah dan melihat penjelasan level privasi itu mulai dari level terendah yaitu memperbolehkan semua Cookies (Accept All Cookies) sampai level tertinggi yaitu memblok semua cookies (Block All Cookies).


3.5.3   Menghapus Cookies

File-file Cookies yang ada dalam komputer anda dapat dihapus dengan cara sebagai berikut :
1.  Di Internet Explorer, klik menu Tools lalu pilih Internet Options.
2.  Pada tab General, klik Settings, klik View files.
3.  Pilih file Cookie yang ingin dihapus.



















4.    Anda dapat menghapus semua Cookie dengan klik Delete Cookies pada tab General dan konfirmasikan dengan tombol OK.

 

3.6       Menyimpan File halaman web dan Download


3.6.1   Menyimpan file halaman web
Halaman web dalam Internet Explorer dapat disimpan ke dalam file di komputer anda. Ini bertujuan nantinya halaman web tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet (work offline).
Langkah-langkah penyimpanan file halaman web :
1.    Di Internet Explorer, klik menu Files lalu pilih Save As...
2.    Tentukan lokasi penyimpanan dalam Save in
3.    Pada kotak teks File name ketik nama file (atau biasanya nama halaman web telah tersedia), klik Save untuk mulai menyimpan.


 











3.6.2   Download
Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer anda.
Tipe file hasil download biasanya ekstensi PDF (dari aplikasi acrobat reader), ekstensi PPT (dari aplikasi power point), DOC (dari aplikasi MS-Word), HTM atau HTML merupakan ekstensi dari file HTML dan lain sebagainya. Ada pula file-file hasil download berupa gambar yang mempunyai format data JPG, JPEG, TIFF, GIF dan lain sebagainya.
Cara download :
1.    Perhatikan terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukkan bahwa itu akan mengarah pada kandungan file baik itu file data maupun program.
2.    Klik link atau icon tersebut.
3.    Selanjutnya akan muncul kotak dialog file download, klik tombol Save untuk mulai download.
4.    Kotak dialog Save as akan muncul, ketik nama file yang diinginkan, lalu klik Save.

 

 



 

 

 

 

 









3.7       Mencari Informasi pada halaman web


Keinginan untuk mencari informasi berupa kata atau kalimat dalam Halaman web bisa diwujudkan lewat Internet Explorer dengan fasilitas Search dan Find.
Langkah pencarian informasi dengan Search :
1.    Di Internet Explorer, klik tombol Search dalam toolbar Standard Buttons. Disebelah kiri window akan muncul panel pencarian.
2.    Pilih modus pencarian pada Choose a category for your search, lalu ketik kata/kalimat yang ingin dicari, klik Search.






























Langkah pencarian informasi dengan Find :
1.    Di Internet Explorer, klik menu Edit , pilih Find (on This page)
2.    Dalam kotak teks Find what ketik kata atau kalimat yang ingin dicari, lalu klik Find Next.


 







3.8   Menggunakan Favorites Internet Explorer
Saat membuka suatu situs web, anda dapat menyimpan alamat web yang menarik atau yang sering anda kunjungi kedalam suatu fungsi pada Internet Explorer yang biasa disebut dengan Favorites.
Favorites pada dasarnya adalah folder tempat menyimpan kumpulan alamat web, dimana dalam folder tersebut anda bisa mengorganisasikan isinya seperti membuat dan memindahkan folder baru, merubah nama, atau menghapus isi di dalamnya.

3.8.1   Menambah alamat web Favorites
Untuk menambahkan suatu alamat web dalam Favorites pada Internet Explorer maka langkah yang dapat anda lakukan adalah :
1.     Pilih dan buka button Favorites  pada menubar ataupun toolbar.
2.     Kemudian klik add untuk menambah atau mengisi alamat web browser  yang anda inginkan.
3.     Setelah itu akan muncul kotak dialog dari add favorite
4.     Kemudian anda isikan alamat web yang anda inginkan dikolom name dan klik OK untuk mengakhirinya.


 

















3.8.2   Mengelola Favorites

Jika anda ingin mengelola isi dari Favorites maka anda langkah yang dapat lakukan adalah :
1.  Buka menu favorite  pada menubar atau toolbar.
2.  Setelah kotak dialog terbuka maka pilih organize favorite.
3.  Pada organize favorite anda dapat membuat folder baru dengan menekan button create folder.
4.  Anda juga dapat menganti nama folder/file dengan menggunakan button rename.
5.  Atau dapat menghapus folder/file dengan memanfaatkan fungsi dari button delete pada kotak dialog  organize favorite.







 












3.9   Mencetak File Hasil Browsing
Halaman web dapat langsung anda cetak dengan langkah sebagai berikut :
1.  Pilih menu File pada menubar kemudian klik Print
2.  Setelah itu akan tampil kotak dialog Print.
3.  Anda dapat memilih jenis pinter yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select printer.
4.  Kemudian klik button print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file.




 
















Untuk mengantisipasi kesalahan cetak, anda dapat melihat file hasil cetakan di layar terlebih dahulu sebelum file tersebut dicetak ke printer. Langkahnya adalah sebagai berikut :
1.     Pilih menu File pada menubar
2.     Kemudian klik Print Preview
3.     Setelah itu akan tampil hasil cetakan dalam layar yang ditampilkan perhalaman seperti gambar berikut ini.
4.     Apabila tampilan cetakan pada layar itu sesuai dengan harapan, maka klik tombol Print untuk mulai mencetak.
 









           




 










3.10   Tugas Kegiatan Belajar 2


1.      Diskusikan dengan rekan Anda fasilitas apa saja yang tersedia dalam program web browser Internet Explorer dan lakukan percobaan pada fasilitas-fasilitas yang ada.
2.      Carilah bahan atau panduan untuk mendapatkan tips dan trik pemakaian web browser Internet Explorer dengan melakukan penelusuran web (Browsing).
3.      Coba gunakan alternatif program web browser selain Internet Explorer seperti Netscape Navigator, Mozilla, Opera atau Firefox, amati kesamaan dan perbedaannya, kelebihan dan kekurangannya.
4.      Cobalah download data atau program dari situs web yang mengandung link download. Amati baik-baik proses download yang berlangsung di komputer anda.
5.      Tambahkanlah alamat web yang sering anda kunjungi ke dalam folder favorites dan coba organisasikan sebaik mungkin.

3.11   Tes Formatif Kegiatan Belajar 2


1.    Coba sebutkan program penelusuran web (web browser) apa saja yang ada !
2.    Di dalam area kerja Internet Explorer bagian-bagian apa saja yang terdapat di dalamnya ?
3.    URL (Uniform Resource Locator) umumnya memiliki 4 bagian, sebutkan masing-masing bagian dan pengertiannya !

4. KEGIATAN BELAJAR 3



4.1     Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang bagaimana mencari web dengan cepat dan memanfaatkan search engine. Mengenal beberapa mesin pencari web dan dapat menggunakannya.
 
4.2     Mencari Web Dengan Menggunakan Search Engine
Karena begitu banyaknya web dan situs pada masa sekarang ini maka kita membutuhkan suatu alat untuk melakukan pencarian situs atau web tersebut. Alat ini dikenal dengan istilah search engine berikut kita akan berkenalan dengan beberapa search engine yang sangat terkenal.

Dalam penggunaan mesin pencari (Search Engine) yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak memasukan kata yang akan dicari harus pada posisi text box yang disediakan oleh mesin pencari.

Perlu diingat ketika anda akan melakukan pencarian anda minimal mengenal satu suku kata dari web yang akan anda cari hal ini akan mempermudah pencarian dan mempercepat pencarian dan meminimalisasi pencarian web-web yang tidak diharapkan.


4.2.1    Menggunakan Search Engine AltaVista

Berikut adalah perkenalan pertama kita dengan search engine AltaVista. Mari kita masuk kehalaman mesin pencari kita dengan mengetikan http://www.AltaVista.com pada Address Bar yang disediakan oleh Web Browser setelah itu tekan enter atau klik tombol go maka akan muncul  seperti gambar dibawah ini:










Misalnya anda akan mencari detik maka ketik kata tersebut pada text box dan tekan tombol (bottom)  S e a r c h

Setelah itu maka akan muncul beberapa pilihan alamat web yang anda tuju dan juga alamat-alamat web yang mirip dengan apa yang anda ketikan pada textbox.


4.2.2     Web Search Melalui Lycos



4.2.3     Web Search Melalui Go/Infoseek



4.2.4     Web Search Melalui Excite





4.2.5     Web Search Melalui Hotbot


















4.2.6     Web Search Melalui Yahoo
























5. KEGIATAN BELAJAR 4


5.1    Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang bagaimana mendapatkan/memperoleh account pada salah satu penyedia layanan email dan diharapkan anda bisa mempergunakan email.

 

5.2    Web Email

Aplikasi Email berbasis web. Internet Explorer, Netscape, Opera antara lain: plasa, yahoo, graffiti,hotmail dan sebagainya

5.2.1    Langkah-Langkah Membuat Alamat Email

·         Nyalakan Komputer
·         Aktifkan Internet browser dari Start | Internet Explorer
·         Masuk di halaman situs Internet  misalnya   http://mail.yahoo.com
·         Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:










·         Klik  akan muncul seperti dibawah ini
Ada 3 pilihan, yaitu:
Free Yahoo! Mail                : Gratisan
Yahoo! Mail Plus                : Membayar
Order Personal Address    : Membayar
·         Pilih  Free Yahoo! Mail    
·         Isilah form berikut ini
·         Nama Yahoo ID: Isikan dengan “nama keren” saudara, misalkan: r4fi3 Secara otomatis default alamatnya di yahoo.com  (@yahoo.com ).
·         Password: Isi passwordnya dengan karakter, angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau seandainya lupa, maka kita tidak bisa membuka email yang kita buat. Tulislah password sebanyak dua kali pada kolom yang berbeda.
·         Security Question: Digunakan jika kita kita lupa terhadap password kita, maka kita bisa mengikuti petunjuk dengan security tersebut. Pada contoh di atas saya contohkan What is your pet’s name?  Kita jawab misalnya : erafi
·         Mengisi tanggal kelahiran dengan format : Bulan, Tanggal dan Tahun kelahiran. Isi sesuai dengan  kondisi saudara.
·         Alternate Email ( optional ) : Tidak wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat E-mail.

·         Mengisi First name : Nama depan, dan juga Last name : nama belakang. Kalau seorang hanya mempunyai nama satu kata saja ( aliran satu kata ), maka bisa ditulis dobel / sama.
·         Residence : Bahasa yang digunakan.
·         ZIP / Postal Code : Isikan kode pos.
·         Gender : Isikan jenis kelamin, ada pilihan Male and Female.
·         Industry : Pilihlah industri yang sesuai dengan saudara.
·         Title : Isi dengan nama  jabatan saudara pada industri atau lembaga tempat bekerja.
·         Specialization : Isilah sesuai dengan spesialisasi saudara bekerja.
·         Interests : Saudara tertarik dalam bidang apa? Pilih option yang ada dengan cara memberi tanda ( Ö ), pada pilihan yang tersedia.

·         Mengetikkan kata yang sama seperti tertulis di dalam kotak-kotak dibawahnya.
·         Klik
·         Jika form yang Anda submit sukses maka yahoo akan memberikan ucapan selamat bahwa registrasinya sukses
Nama ID : r4fi3
Alamat Email : r4fi3@yahoo.com


·         Klik , sehingga muncul gambar seperti dibawah ini

·         Klik mail
·         Dengan demikian akan masuk ke account Yahoo Mail anda seperti gambar dibawah ini.

5.2.2  Mengecek Email
Untuk mengecek E-mail ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Masuk dihalaman situs Internet  misalkan   http://mail.yahoo.com
2.    Maka akan keluar menu seperti dibawah ini:
3.    Ketik  Yahoo ID dan juga Passwordnya.
















4.Klik  tombol Sign In


5.    Klik  atau  untuk melihat email yang masuk, seperti gambar dibawah ini.
§  Klik subject email yang akan di baca misalnya
§  Dengan demikian akan muncul identitas pengirim dan isi emailnya






5.3         Mengirim Email
Untuk mengirim E-mail ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Masuk di halaman situs Internet  misalkan   http://mail.yahoo.com
2.    Maka akan keluar menu seperti dibawah ini:
3.    Ketik  Yahoo ID dan juga Passwordnya.

Tetapi jika sudah login di email account anda, cukup tekan
4.    Berikutnya isilah form yang telah disiapkan :
·         To : tujuan utama -> isi alamat email yang dituju (harus diisi secara lengkap)
·         Cc : tembusan -> isi alamat email yang dituju (jika dibutuhkan)
·         BCc : tembusan khusus -> isi alamat email yang dituju (jika dibutuhkan)
·         Subject: tema surat (gambaran utama isi surat)
·         Tulislah isi surat anda
·         Jika Anda ingin melampirkan file pada email anda, klik
·         Carilah file yang akan di lampirkan dengan mengklik
 
·         Komputer akan mencari dan menscan file yang akan dilampirkan
·         Jika file sudah ditemukan dan komputer tidak mendeteksi virus, proses bisa  dilanjutkan dengan menekan 
·         Setelah selesai dan Anda yakin sudah benar tekan  untuk mengirim email tersebut
·         Jika alamat email yang dituju semua benar, maka akan tampil informasi bahwa email tersebut akan terkirim


5.4          Membaca Dan Membalas Email
·         Setelah inbox email anda terbuka pilih dan klik email yang akan dibaca dengan memilih salah satu subject yang ada, misalnya membuka surat balasan dari ::Wismanu:: subjet : Re:Belajar Membuat dan Kirim Email
           

·         Amati dan baca email tersebut, jika Anda mau mebalas email tersebut tekan tombol  tanpa harus mengisi kembali alamat email yang dituju.
·         Tulis isi surat Anda dan jika yakin benar  tekan tombol

5.5          Bergabung Dengan Mailing List

Mailing list adalah salah satu wadah untuk menjalin komunikasi dalam sebuah komunitas, yang keanggotaannya ada yang bersifat terbuka ada pula yang tertutup. Contoh Mailing List Dikmenjur :
Mailing List untuk komunitas Pendidikan Menengah Kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan / SMK / Vocational Education, Pusat Pengembangan dan Penataran Guru / P3G, Bidang - Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan / Dikmenjur RI).
Informasi terbaru dari Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, khususnya tentang Pengembangan TI, Pelatihan, Beasiswa, Proposal bantuan, Beasiswa akan banyak disampaikan melalui Mailing List ini.
Cara bergabung dengan sebuah mailing list yaitu
·          Subscribe/mendaftar pada salah satu group atau lebih, misalnya: dikmenjur-subscribe@yahoogroups.com
·          Ikuti petunjuk dari administrator dari group yang bersangkutan
·          Gambar di bawah ini memperlihatkan email dari mailing list : dikmenjur dan Indo cisco



5.6         Tugas kegiatan belajar 3
1.    Buatlah satu account di mail yahoo
2.    Cobalah kirim email ke salah satu email teman anda
3.    Satu email ke beberapa teman anda dengan cara attacchment dari microsoft excel

5.7          Tes formatif kegiatan belajar 2
1.    Apakah yang dimaksud dengan mailing list?
2.    Apakah yang dimaksud dengan To pada waktu kita membuka form untuk mengirim email?
3.    Apakah isi dari inbox pada email?
6. KEGIATAN BELAJAR 5



6.1   Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang mengoperasikan perangkat lunak klien e-mail. Sebagai sebuah perangkat yang berfungsi untuk melakukan pengiriman pesan dan penerimaan pesan lewat jasa internet.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami tentang klien e-mail dan dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

6.2   Email ( Electronic Mail )


Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet. Yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mail atau yang lainnya.

6.2.1  Cara Kerja Email

Pada dasarnya email sama  dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server. Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat email - kepada siapa kita menulis email), maka email tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya.

6.2.2   Anatomi  Alamat  Email

Bilamana kita membaca alamat sebuah snail mail, kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita.  Sedangkan untuk alamat email terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon / @ misalnya alamat :
Di sebelah kiri @ disebut user name (e-rafi ), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname,  nomor, atau apapun juga.
User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (vedcmalang.or.id) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.

6.2.3  Variasi Bentuk Komunikasi Dengan Email

Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email.
·       Point to Point
Maksudnya adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim email bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
·       Carbon Copy / CC
Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik konvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah email, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.
·       Blind Carbon Copy / BCC
Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan.  Ini karena ia bisa langsung melihat pada bagian “CC”.
Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
·       Distribution List
Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.
·       Discussion List
Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.

6.3   Etika Penulisan Email
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi  melalui e-mail.  Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau  bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara   sendiri. Bisa dibayangkan.  Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. 
Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya  pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui  beberapa di  antaranya:
 
1. Jangan terlalu banyak mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian  besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima  secara otomatis ke dalam isi surat Anda.
Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian  yang relevan saja. 
 
2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi,  Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup,  atau  mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
 
3. Jangan gunakan huruf kapital.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang  menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di  samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat,  penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya  hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda. 
 
4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya.  Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas  bernama “Forward”, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya  (forward) ke orang lain.
 
5. Jangan gunakan CC.
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list),  jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua  orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail  orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
 
 
6. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode  HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong.  Sebaiknya, gunakan plain text. 
 
7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat  menyebalkan. 

6.4   Perangkat Lunak Klien Email (Email Client)
Ada beberapa aplikasi email client, seperti: Eudora, Netscape Mesangger dan aplikasi klien email lainnya yang digunakan. Untuk unit kompetensi ini perangkat lunak standar yang dijelaskan adalah Ms Outlook.

6.4.1  Pengenalan Outlook
Ms Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates. Aplikasi. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.
Selain untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Perangkat lunak ini merupakan suatu aplikasi pencatatan pesan dan pengelolaan informasi personal, atau PIM (Personal Information Manager).

Folder List
menampilkan semua folder yang ada, seperti Inbox, Personal Folders, dan Public Folders.

Toolbar

Toolbar berisi shortcuts dari perintah yang umum digunakan, seperti "New Mail Message", "Print", dan"Print Preview".
Note: Toolbar dapat diubah sesuai dengan keperluan/keinginan kita.
Status Bar: menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, dan berapa banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
Outlook Bar
Sama seperti Folder List, Outlook Bar berisi shortcuts untuk fasilitas yang ada pada Microsoft Outlook,
seperti Calendar, Contacts, and Tasks.

6.4.2 Email Accounts
Pengguna email dengan menggunakan Ms Outlook akan dapat memfungsikan fasilitas yang telah ada di perangkat lunak tersebut, apabila telah memiliki Accounts di mail server, baik yang berada di jaringan lokal maupun internet. Salah satu penyedia mail server seperti “Telkom.net”.
Mendaftarkan Accounts klik menu “Tools” lalu “E-mail Accounts” akan tampil window Email Accounts seperti di bawah ini:
klik “next
 
klik “next

 
klik “next
 

Pada kolom User Information ketikkan Nama, password dan email yang telah dimiliki.

Pada Server Information ketikkan pop3.telkom.net dan smtp.telkom.net jika menggunakan mail server telkom.net. Kemudian klik button “Test Accounts Settings” atau “Next”. Dan konfirmasi akan tampil setelahnya.

6.4.2  Menambah alamat email ke Outlook Address Book :
Untuk menambah alamat email ke Outlook Address Book, lakukan langkah berikut :
1. Klik tanda panah dibawah "Show Names from the:" pilih Outlook Address Book
2. Klik File.
3. Klik New Entry.
4. Pilih New Contact from the list and klik "OK".
5. Pada isian Full Name, ketik nama lengkap.
6. Pada isian Email : ketik alamat lengkap e-mail orang tersebut.
Setelah itu klik tombol “Save and Close“.
Anda juga dapat menambah informasi lain tentang user tersebut, seperti alamat, no telp, perusahaan, dan lain-lain.

6.4.3   Membaca Email
Untuk membaca email pastikan Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup klik dua kali pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru. Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows toolbar (sudut kiri monitor) akan diberi tanda amplop yang diiringi dengan suara “ding” sebagai bunyi default untuk email yang tiba pada Outlook.


6.4.4      Membaca File Attachment (lampiran)
Jika Anda menerima pesan berisi file lampiran (attachment), di folder Inbox pada Outlook akan diberi tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka file attachment  lakukan langkah berikut :
1.        Buka pesan/mail message.
2.        Akan ada icon dengan nama file di body text.
3.        Klik dua kali icon file. File attachment akan terbuka sesuai dengan program aplikasinya. Anda bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.

Cara menyimpan file attachment.
1.    Sorot file attachment
2.    Klik menu File – kemudian Save attachment.
3.    Pilih folder tempat menyimpan file yang diinginkan.

6.4.5   Membuat/mengirim Email
Untuk membuat pesan (message) baru pada Outlook ikuti langkah berikut:
1.        Pada folder Inbox, klik menu File
2.        Sorot New
3.        Klik menu Mail Message




Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc. Deskripsinya sbb:
    To: tujuan standar pengalamatan pesan.
    Cc: singkatan dari Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain.



    Bcc: singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan pada 2 orang, pada kolom To dan pada kolom Bcc, keduanya akan menerima Email tetapi penerima yang ada di kolom To tidak akan mengetahui (blind) bahwa email juga dikirim kepihak ke 2 (Bcc).



Setelah menentukan bagaimana dan ke mana pesan akan dikirim, ikuti langkah berikut :
1.    Klik tombol pengalamatan (addressing) (To, Cc, or Bcc).
2.   



Pada kolom "Show Names From The :" , pastikan address list yang benar telah dipilih, klik tanda panah down untuk memilih.

3.    Klik dua kali ( tekan To->, Cc->, Bcc-> ) nama orang yang ingin dikirim. Anda dapat memilihlebih dari satu nama dengan klik dua kali pada nama tsb.
4.    Klik tombol OK . Anda akan kembali ke menu pesan/New Mail Message dengan alamatemail yang telah dipilih tadi.
5.    Masukkan text pada halaman isian pesan
6.    Setelah selesai mengetik pesan klik tombol Send, dan pesan akan segera dikirim..



6.4.6  Pemakaian Group
Anda dapat mengirim email ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat email. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat sekaligus dalam satu Group daripada menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk membuat Group akan dibahas pada bab selanjutnya. Untukmengirim ke Group lakukan langkah berikut :
1.   Klik “To” pada pengiriman email. Akan muncul menu Address Book.
2.   Pada kolom “Show Names from the : “ pilih All Groups ( atau ditempat mana anda membuat groups).
3.   Klik Ok dan Send

6.4.7  Mengirim Attachments ( file lampiran)
Jika Anda ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen atau spreadsheet, lakukan langkah berikut:
1.       
Attach File
 



Seperti biasa, buat pesan baru beserta elamat emailnya.
2.    Setelah selesai mengetik pesan tekan tombol Insert  pada toolbar.
3.    Klik File. Cari file yang ingin anda sertakan.
4.    5. Klik dua kali pada file yang akan disertakan

Setelah itu file akan dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Cara singkat lain adalah dengan drag and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body pesan.

6.4.8  Membalas ( Reply ) Pesan
Ketika menerima dan telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Anda ingin langsung membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut lakukan langkah berikut:
Standard Reply
1. Pada folder Inbox klik dua kali email yang ingin Anda balas.
2. Klik tombol Reply .
3. Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada bagian To:
4. Ketik pesan anda pada body pesan.
5. Klik Send.
Reply To All
Fungsi reply to all akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang dituju oleh pengirim pertama.
Untuk melakukan ini :
1.   Klik tombol reply to all.
2.   Semua penerima akan tercantum di bagian To : dan semua alamat bagian Cc akan tercantum pada bagian Cc : juga
3.   Ketik pesan anda pada body pesan.
4.   Klik tombol send.

6.4.9      Out Of Office Assistant
Ms Outlook menyediakan fasilitas autoreply, dimana Outlook akan otomatis membalas email yang datang. Jika Anda berada d iluar kantor atau sedang tidak di tempat, Anda bisa otomatis mengirim reply pesan ke orang yang mengirim anda pesan, sehingga orang itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yang telah dia kirim. Hal ini kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yang disebut “Out Of Office Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
1.   Klick Tools pada toolbar.
2.   Klik Out Of Office Assistant.
3.   Jendela Out Of Office Assistant akan muncul. Klik radio button disebelah "I am currentlyout of the office" dan ketik pesan yang ingin Anda sampaikan pada kotak yang tersedia.
4.   Klik tombol OK.


6.4.10 Forward ( Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda sudah membaca pesan, dan ingin juga menyampaikan/meneruskan pesan tersebut ke orang lain, lakukan langkah berikut :
1.   Buka email/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2. Klik tombol Forward . Masukkan alamat email penerima. Anda dapat menambahkan komentar di body text pesan jika diinginkan.
3.   Setelah selesai, klik Send.

6.4.11    Pemakaian Signature
Kita juga dapat menyertakan “signature” atau tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada bagian bawah email kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga sewaktu mengirim email tidak perlu dilakukan berulang-ulang tetapi secara otomatis akan tertera pada bagian bawah email kita. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:
    1. Pada Outlook klik menu Tools
    2. Pilih Options
    3. Pilih Mail Format ( ada di atas )
4.    Kemudian klik tombol “Signature Picker” akan muncul window untuk mengedit “signature
5.    Pilih New – masukkan nama untuk “signature” Anda.
6.    Klik Next – Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilih warna dan bentuk dari font.
7.    Klik Finish
Signature biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehimgga penerima dapat mengenal identitas pengirim.

6.4.12  Mencetak Email
Kita dapat melakukan pencetakan e-mail yang kita terima, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. pada kondisi Ms. Outlook aktif, klik dua kali pesan yang akan kita cetak.













  1. sorot  perintah Page Setup



  2. klik table style pada kotak

  1. setelah muncul kotak pesan, klik format untuk menentukan “table style”,















  1. klik paper untuk menentukan ukuran kertas,
  2. klik header/footer untuk menentukan header dan footernya
  3. klik print preview untuk memastikan tampilan sebelum pencetakan

bila telah pasti kita tinggal mencetak pesan tersebut ke printer, dengan  mengklik perintah print.
  

6.5  Tugas Kegiatan Belajar 5
    
1.  Diskusikan dengan rekan Anda fungsi prianti lunak klien E-mail !
2.  Diskusikan dengan teman Anda tentang jenis-jenis  perangkat lunak klien  email.
3.  Bukalah aplikasi Ms. Outlook  kemudian lakukan proses pengiriman pesan dan pembacaan pesan.

6.6  Tes Formatif Kegiatan Belajar 5

Selesaikan soal teori berikut ini:

1.
Gambar amplop terbuka yang terdapat pada inbox pada Ms Outlook mengandung arti :
a.    pesan baru
b.    pesan terhapus
c.    pesan telah dibuka                  
d.    pesan sedang dibuka
e.    pesan tersebut perlu dihapus

2.
Gambar paperclip di sebelah si pengirim   pada inbox Outlook menunjukkan bahwa :
a.    pesan yang diterima tidak lengkap
b.    pesan yang diterima tidak terjawab
c.    pesan yang diterima segera dibalas
d.    pesan yang diterima berisikan lampiran
e.    pesan yang diterima tidak perlu dijawab

3.
Jika kita ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, maka cantumkan alamat emailnya pada kolom … selain pada kolom to.
a.    Cc
b.    Cb
c.    Bc
d.    Bb
e.    Tc

4.
Bila kita menyertakan sebuah file pada pesan di Ms Outlook, maka nama file tersebut akan disimpan pada kotak isian ….
a.     Attach…
b.     Subject
c.      CC
d.     To
e.     Set to
5.
Fasilitas  Outo of office assistant pada Ms Outlook penyediakan  fasilitas   untuk ….
a.    membalas secara otomatis email yang datang
b.    menyimpan pesan yang datang/diterima
c.    mencetak pesan yang diterima secara otomatis
d.    menghapus pesan secara otomatis
e.    mensortir secara otomatis alamat si pengirim pesan

6.
Perintah Forward pada Ms Outlook berfungsi untuk ….
a.    meneruskan pesan yang diterima kepada orang lain
b.    membatalkan pengiriman pesan
c.    menyimpan pesan
d.    menyalin pesan
e.    mengedit pesan
7.
Berikut ini merupakan perintah-perintah/menu-menu yang terdapat pada kotak dialog Page Setup di Ms Outlook, kecuali ….
a.    sheet
b.    format
c.    header/footer
d.    paper
e.    column headings

8.
Tanda tangan elektrik yang ada di Ms Outlook disebut ….
a.    signature
b.    sign email
c.    address email
d.    attachement
e.    initialing

9.
Untuk menyertakan file lain ke dalam email pada menu inbook yang akan kita kirim terlebih dahulu kita klik …
a.    insert
b.    file
c.    find
d.    tool
e.    action

10.
Fasilitas untuk mengecek e-mail yang ada pada kotak e-mail adalah ….
a.     chech mail
b.     attachement
c.      compose
d.     send
e.     search mail